Silabus RPP Bahasa Indonesia SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX
Silabus RPP Bahasa Indonesia SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX Merupakan file contohformat.net yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah yang berhubungan dengan Bahasa Indonesia, Download, Kurikulum 2013, microsoft Word, MTs, PDF, Perangkat Pembelajaran, RPP, Silabus, SMP bisa juga di gunakan sebagai bahan perbandingan atau referensi sesuai keperluan sekolah agar lebih mudah dalam membuat dan mengelola semua kelengkapan Administrasi di sekolah, untuk lebih jelasnya silahkan disimak ulasan dan referensi tentang file Silabus RPP Bahasa Indonesia SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX dibawah ini:
![]() |
Silabus RPP Bahasa Indonesia SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX |
Silabus RPP Bahasa Indonesia SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas 7, 8, 9
- berbahasa Indonesia dengan penekanan pada kemampuan mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis;
- mengembangkan kemampuan mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis melalui media teks. Teks merupakan perwujudan kegiatan sosial dan memiliki tujuan sosial. Pencapaian tujuan ini diwadahi oleh karakteristik: cara pengungkapan tujuan sosial (yang disebut struktur retorika), pilihan kata yang sesuai dengan tujuan, dan tata bahasa yang sesuai dengan tujuan komunikasi; dan
- berkomunikasi dalam bentuk tulisan, lisan, atau multimodal (yakni teks yang menggabungkan bahasa dan cara/media komunikasi lainnya seperti visual, bunyi, atau lisan sebagaimana disajikan dalam film atau penyajian komputer).
- pengembangan kompetensi kurikulum Bahasa Indonesia ditekankan pada kemampuan mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis. Pengembangan kemampuan tersebut dilakukan melalui berbagai teks. Dalam hal ini teks merupakan perwujudan kegiatan sosial dan memiliki tujuan sosial. Kegiatan komunikasi dapat berbentuk tulisan, lisan, atau multimodal (teks yang menggabungkan bahasa dan cara/media komunikasi lainnya seperti visual, bunyi, atau lisan sebagaimana disajikan dalam film atau penyajian komputer);
- kompetensi dasar yang dikembangkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis. Untuk mencapai kompetensi tersebut siswa melakukan kegiatan berbahasa dan bersastra melalui aktivitas lisan dan tulis, cetak dan elektronik, laman tiga dimensi, serta citra visual lain;
- lingkup materi mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I-XII merupakan penjabaran 3 lingkup materi: bahasa, sastra, dan literasi; dan
- teks dalam pendekatan berbasis genre bukan diartikan --istilah umum-- sebagai tulisan berbentuk artikel. Teks merupakan perwujudan kegiatan sosial dan bertujuan sosial, baik lisan maupun tulis.
- Bahasa merupakan kegiatan sosial. Setiap komunikasi dalam kegiatan sosial memiliki tujuan, konteks, dan audiens tertentu yang memerlukan pemilihan aspek kebahasaan (tata bahasa dan kosa kata) yang tepat serta cara mengungkapkan dengan strukur yang sesuai agar mudah dipahami.
- Bahan pembelajaran bahasa yang digunakan sedapat mungkin bersifat otentik. Pengembangan bahan otentik didapat dari media massa (cetak dan elektronik); tulisan guru di kelas, produksi lisan dan tulis oleh siswa. Semua bahan dikelola guru untuk keberhasilan pembelajaran.
- Proses pembelajaran menekankan aktivitas siswa yang bermakna. Inti dari siswa aktif adalah siswa mengalami proses belajar yang efesien dan efektif secara mental dan eksperiensial.
- Dalam pembelajaran berbahasa dan bersastra, dikembangkan budaya membaca dan menulis secara terpadu. Dalam satu tahun pelajaran siswa dimotivasi agar dapat membaca paling sedikit 4 buku (2 buku sastra dan 2 buku nonsastra) sehingga setelah siswa menyelesaikan pendidikan pada jenjang SMP/MTs membaca paling sedikit 12 judul buku.
- mengetahui ketercapaian kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap berbahasa Indonesia siswa;
- mengetahui kemampuan siswa di dalam KD tertentu;
- memberikan umpan balik bagi kegiatan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia; dan
- memberikan motivasi belajar bagi siswa dan motivasi berprestasi bagi siswa dan guru.
Download Silabus RPP Bahasa Indonesia SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX
Silabus RPP Bahasa Indonesia SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX
Silabus RPP Bahasa Indonesia SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX.pdf
Silabus RPP Bahasa Indonesia SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX.docx
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Silabus RPP Bahasa Indonesia SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX. Semoga bisa bermanfaat.
Download Contoh Format Aplikasi Admnistrasi lainnya :
- Instrumen dan Perangkat Akreditasi SMA-MA 2017 Format Microsoft Word
- Contoh RPP Matematika Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2017-2018
- Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018
- Pelaksanaan Ujian Nasional Bukan Sekedar Tanggung Jawab Konstitusional Tetapi Juga Tanggung Jawab Moral
- Formulir untuk Aplikasi Dapodik versi 2018.b
Semoga dengan adanya file tentang Silabus RPP Bahasa Indonesia SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu dan memenuhi semua kelengakapan Administrasi Sekolahnya masing-masing demi peningkatan mutu pendidikan.
0 Response to "Silabus RPP Bahasa Indonesia SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX"
Posting Komentar