Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2
Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2 Merupakan file contohformat.net yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah yang berhubungan dengan Buku, Download, Guru, Kurikulum 2013, MI, PDF, SD bisa juga di gunakan sebagai bahan perbandingan atau referensi sesuai keperluan sekolah agar lebih mudah dalam membuat dan mengelola semua kelengkapan Administrasi di sekolah, untuk lebih jelasnya silahkan disimak ulasan dan referensi tentang file Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2 dibawah ini:
Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2 |
Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2
- jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran,
- kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir,
- pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas dan pribadi reflektif,
- berbagai teknik penilaian peserta didik,
- informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan,
- kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar peserta didik di rumah, dan
- petunjuk penggunaan buku peserta didik.
- membuka pelajaran yang menarik perhatian peserta didik, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah dan sebagainya,
- menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan),
- memantik pengetahuan peserta didik yang diperoleh sebelumnya agar peserta didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari,
- pemberian tugas yang bertahap guna membantu peserta didik memahami konsep,
- penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi,
- pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari, dan
- pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman peserta didik.
- Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
- Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan tema.
- Upayakan untuk mencakup Kompetensi Inti (KI)-1 dan KI-2 dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif.
- Dukunglah ketercapaian KI-1 dan KI-2 dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
- Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berhubungan dengan buku peserta didik sesuai dengan halaman yang dimaksud.
- Kembangkan ide-ide kreatif dalam memilih metode pembelajaran. Temukan juga kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya, peserta didik tidak bisa mengamati tanaman di luar kelas pada saat hujan).
- Beragam strategi pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya peserta didik bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, dan menggambar), selain melibatkan peserta didik secara langsung, diharapkan melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
- Guru diharapkan mengembangkan: a. metode pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM), b. keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, c. keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan d. keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
- Gunakanlah media atau sumber belajar alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.
- Pada semester 2 terdapat 4 tema. Setiap tema terdiri atas 3 subtema. Masing-masing subtema diuraikan menjadi 6 pembelajaran. Setiap pembelajaran diharapkan selesai dalam 1 hari.
- Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu.
- Aktivitas minggu ke-4 berupa berbagai kegiatan yang dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1–3. Berbeda dengan subtema 1–3, kegiatan minggu ke-4 diarahkan untuk mengasah daya nalar dan berpikir tingkat tinggi. Kegiatan dirancang untuk membuka kesempatan bertanya dan menggali informasi yang dekat dengan keseharian peserta didik.
- Perkiraan alokasi waktu dapat merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu menurut mata pelajaran hanyalah petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik-terpadu.
- Buku siswa dilengkapi dengan bahan-bahan latihan yang sejalan dengan pencapaian kompetensi.
- Hasil karya peserta didik dan bukti penilaiannya dapat dimasukkan ke dalam portofolio peserta didik.
- Sebagai upaya perbaikan diri, buatlah catatan refleksi setelah satu subtema selesai. Misalnya faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut.
- Libatkan semua peserta didik tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap peserta didik cerdas dalam keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman tentang kecerdasan majemuk, gaya belajar peserta didik dan beragam faktor penyebab efektivitas dan kesulitan belajar peserta didik, sangat dibutuhkan.
- Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diperlukan komitmen guru untuk mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).
- Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
- Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.
- Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa lebih merupakan contoh yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
- Pada semester 2 terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Kegiatan pada setiap pembelajaran diarahkan untuk mengasah daya nalar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
- Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Pada minggu ke-4 diisi dengan kegiatan Proyek dan Literasi, yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan membaca dan rasa cinta membaca kepada siswa.
- Struktur penulisan buku, semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Berdiskusi, Ayo Membaca, Ayo Menulis, Ayo Mengamati, Ayo Mencoba, Ayo Berlatih, Ayo Bernyanyi, Ayo Renungkan, dan Kerja Sama dengan Orang Tua.
- Buku ini dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.
- Buku Siswa ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi para siswa dan guru untuk melengkapi materi dari berbagai sumber.
- Di sekolah, guru dan siswa dapat mengembangkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan siswa, yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan sikap yang dikembangkan. Di rumah, orang tua bersama siswa dapat mengembangkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan orang tua dan siswa.
- Kegiatan-kegiatan dalam buku ini sedapat mungkin memaksimalkan potensi semua sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan dapat disesuaikan dengan kondisi siswa, guru, sekolah, dan lingkungan.
- Pada beberapa bagian dalam Buku Siswa ini diberikan ruang bagi siswa untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau tugas lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan berbagai tugas tersebut siswa tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Apabila dirasa kurang, siswa dapat menuliskannya pada buku tugas.
Download Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2
Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Semester 2
Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 Semester 2
Buku Guru Kelas 1 Tema 5 Pengalamanku.pdf
Buku Guru Kelas 1 Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat dan Rapi.pdf
Buku Guru Kelas 1 Tema 7 Benda, Hewan dan Tanaman Di Sekitarku.pdf
Buku Guru Kelas 1 Tema 8 Peristiwa Alam.pdf
Buku Siswa Kelas 1 Tema 5 Pengalamanku.pdf
Buku Siswa Kelas 1 Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat dan Rapi.pdf
Buku Siswa Kelas 1 Tema 7 Benda, Hewan dan Tanaman Di Sekitarku.pdf
Buku Siswa Kelas 1 Tema 8 Peristiwa Alam.pdf
Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 2 Semester 2
Buku Guru Kelas 2 Tema 5 Pengalamanku.pdf
Buku Guru Kelas 2 Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan.pdf
Buku Guru Kelas 2 Tema 7 Kebersamaan.pdf
Buku Guru Kelas 2 Tema 8 Keselamatan Di Rumah dan Di Perjalanan.pdf
Buku Siswa Kelas 2 Tema 5 Pengalamanku.pdf
Buku Siswa Kelas 2 Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan.pdf
Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Kebersamaan.pdf
Buku Siswa Kelas 2 Tema 8 Keselamatan Di Rumah dan Di Perjalanan.pdf
Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 3 Semester 2
Buku Guru Kelas 3 Tema 5 Permainan Tradisional.pdf
Buku Guru Kelas 3 Tema 6 Indahnya Persahabatan.pdf
Buku Guru Kelas 3 Tema 7 Energi dan Perubahannya.pdf
Buku Guru Kelas 3 Tema 8 Bumi dan Alam Semesta.pdf
Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Permainan Tradisional.pdf
Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Indahnya Persahabatan.pdf
Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Energi dan Perubahannya.pdf
Buku Siswa Kelas 3 Tema 8 Bumi dan Alam Semesta.pdf
Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 4 Semester 2
Buku Guru Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku.pdf
Buku Guru Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku.pdf
Buku Guru Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku.pdf
Buku Guru Kelas 4 Tema 9 Kaya Negeriku.pdf
Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku.pdf
Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku.pdf
Buku Siswa Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku.pdf
Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Kaya Negeriku.pdf
Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 5 Semester 2
Buku Guru Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya.pdf
Buku Guru Kelas 5 Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan.pdf
Buku Guru Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita.pdf
Buku Guru Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda Di Sekitar Kita.pdf
Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya.pdf
Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan.pdf
Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda Di Sekitar Kita.pdf
Buku Siswa Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita.pdf
Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 6 Semester 2
Buku Guru Kelas 6 Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat.pdf
Buku Guru Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan.pdf
Buku Guru Kelas 6 Tema 8 Bumiku.pdf
Buku Guru Kelas 6 Tema 9 Menjelajah Luar Angkasa.pdf
Buku Siswa Kelas 6 Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat.pdf
Buku Siswa Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan.pdf
Buku Siswa Kelas 6 Tema 8 Bumiku.pdf
Buku Siswa Kelas 6 Tema 9 Menjelajah Luar Angkasa.pdf
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2. Semoga bisa bermanfaat.
Download Contoh Format Aplikasi Admnistrasi lainnya :
Semoga dengan adanya file tentang Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2 yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu dan memenuhi semua kelengakapan Administrasi Sekolahnya masing-masing demi peningkatan mutu pendidikan.
0 Response to "Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2"
Posting Komentar