Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi

Merupakan file contohformat.net yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah yang berhubungan dengan Download, Guru, Kurikulum 2013, Panduan, PDF, SD, Soal bisa juga di gunakan sebagai bahan perbandingan atau referensi sesuai keperluan sekolah agar lebih mudah dalam membuat dan mengelola semua kelengkapan Administrasi di sekolah, untuk lebih jelasnya silahkan disimak ulasan dan referensi tentang file Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi dibawah ini:

Berikut ini adalah berkas buku Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi untuk SD (Sekolah Dasar). Download file PDF. Buku panduan ini diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar 2016. Berkas buku ini  merupakan salah satu bahan materi suplemen dalam Materi Diklat Guru Sasaran Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2017 untuk SD.

Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi
Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi

Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi buku Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi:

Daftar Isi pada buku panduan ini antara lain:

I. LATAR BELAKANG

II. PEMAHAMAN KONSEP BERFIKIR TINGKAT TINGGI 
A. Pengertian Berfikir tingkat tinggi 

III. BAGAIMANA STRATEGI PENDIDIK MENYUSUN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR YANG BERKRITERIA BERFIKIR TINGKAT TINGGI? 
A. Meningkatkan Kemampuan Pendidik dalam Kaidah Penulisan Soal Berfikir Tingkat Tinggi 
B. Bagaimana Butir Soal Yang Dapat Menuntut Berfikir Tingkat Tinggi? 
C. Bagaimana Teknik Penulisan Butir Soal Berfikir Tingkat Tinggi? 
D. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Pendidik dalam Mengembangkan Ide Menulis Soal HOTS 
E. Mengetahui Langkah-langkah Menyusun Soal Berfikir Tingkat Tinggi 

IV. CONTOH SOAL BERKRITERIA BERFIKIR TINGKAT TINGGI 
A. Bahasa Indonesia 
B. Matematika 
C. IPA 

Pengertian Berfikir Tingkat Tinggi
Berfikir tingkat tinggi merupakan kemampuan berfikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite).

Apa yang dimaksud berfikir?
  • Menemukan
  • Menganalisis
  • Mencipta
  • Merefleksi
  • Beragumen
Thinking is NOT :
  • Knowing
  • Remembering
  • Repeating
Berfikir tingkat tinggi :
  • Critical thinking & Problem Solving:
Keterampilan yang sangat esensial pada abad ke -21
  • Critical thinking dapat dilatih berbasis pembelajaran di kelas
  • Critical problem solving mencakup: Menganalisis situasi yang tidak familiar; Mengevaluasi strategi pemecahan masalah; Menciptakan metode baru pemecahan masalah.
Difficulity is NOT same as HOT

Mengetahui dari arti kata yang jarang digunakan mungkin sulit tetapi ini bukannya HOT kecuali melibatkan proses bernalar (seperti mencari arti kata konteks/stimulus).

Berfikir tingkat tinggi meminimalkan aspek ingatan atau pengetahuan.
Penekanannya :
  • Transfer satu konsep ke konsep lainnya
  • Memproses dan menerapkan informasi
  • Mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda
  • Menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah
  • Menelaah ide dan informasi secara kritis
  • Meningkatkan Kemampuan Pendidik dalam Kaidah Penulisan

Soal Berfikir Tingkat Tinggi
Sebelum menulis soal berfikir tingkat tinggi sebaiknya pendidik mengetahui apa yang dimaksud dengan keterampilan berfikir tingkat tinggi dan karakteristik instrumen untuk mengukur berfikir tingkat tinggi.

Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi:
Berfikir Kritis adalah berfikir yang memeriksa, menghubungkan, dan mengevaluasi semua aspek situasi atau masalah: termasuk di dalamnya mengumpulkan, mengorganisir, mengingat, dan menganalisa informasi. Berfikir kritis termasuk kemampuan membaca dengan pemahaman dan mengidentifikasi materi yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan. Kemampuan menarik kesimpulan yang benar dari data yang diberikan dan mampu menentukan nketidak-konsistenan dan pertentangan dalam sekelompok data merupakan bagian dari keterampilan berfikir kritis. Dengan kata lain berfikir kritis adalah analitis dan refleksif.

Berfikir kreatif yang sifatnya orisinil dan reflektif . Hasil dari keterampilan berfikir ini adalah sesuatu yang kompleks. Kegiatan yang dilakukan diantaranya menyatukan ide, menciptakan ide baru, dan menentukan efektifitasnya. Berfikir kreatif meliputi juga kemampuan menarik kesimpulan yang biasanya menelorkan hasil akhir yang baru.

    Download Buku Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas buku Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi ini silahkan lihatatau unduh pada link di bawah ini:

    Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi



    Download File:
    Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file buku Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi. Semoga bisa bermanfaat.

    Download Contoh Format Aplikasi Admnistrasi lainnya :

      Semoga dengan adanya file tentang yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu dan memenuhi semua kelengakapan Administrasi Sekolahnya masing-masing demi peningkatan mutu pendidikan.

      Subscribe to receive free email updates:

      0 Response to "Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi"

      Posting Komentar