Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Silabus RPP IPA SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX:
DAFTAR ISI
I.    PENDAHULUAN
A. Rasional
B. Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Prakarya dan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah
C. Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari  Prakarya di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
D. Kerangka Pengembangan Kurikulum Prakarya  Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah 
E. Pembelajaran dan Penilaian
F. Kontekstualisasi Pembelajaran Sesuai dengan  Kondisi Lingkungan dan Siswa 
II.   KOMPETENSI DASAR, MATERI POKOK, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.  Kelas VII
B.  Kelas VIII
C.  Kelas IX
III.  MODEL SILABUS SATUAN PENDIDIKAN
A.  Kelas VII
B.  Kelas VIII
C.  Kelas IX
IV. MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.  Kelas VII
B.  Kelas VIII
C.  Kelas IX 
Rasional
Tema pengembangan Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan   yang   terintegrasi,   dalam   rangka   mewujudkan   insan   Indonesia   yang produktif, kreatif, dan inovatif.
Mata pelajaran Prakarya secara umum dirancang untuk membekali insan Indonesia agar mampu:
- menemukan,  membuat,  merancang  ulang  dan  mengembangkan  produk  prakarya berupa: kerajinan,    rekayasa,    budidaya    dan    pengolahan    melalui    kegiatan mengidentifikasi, memecahkan masalah, merancang, membuat, memanfaatkan, menguji, mengevaluasi, dan mengembangkan produk yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan yang dikembangkan pada mata pelajaran ini adalah: kemampuan    pada    tingkat    meniru,    memanipulasi    (memodifikasi), mengembangkan, dan menciptakan serta merekonstruksi karya yang ada, baik karya sendiri maupun karya orang lain;
 - menemukan atau mengemukakan gagasan atau ide-ide yang mampu memunculkan bakat siswa, terutama pada jenjang pendidikan dasar;
 - mengembangkan   kreatifitas   melalui:   mencipta,   merancang,   memodifikasi,   dan merekonstruksi berdasarkan pendidikan teknologi dasar, kewirausahaan dan kearifan lokal,
 - melatih kepekaan siswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni   untuk   menjadi   inovator   dengan   mengembangkan:   rasa   ingin   tahu,   rasa kepedulian, rasa keindahan;
 - membangun    jiwa    mandiri    dan    inovatif    siswa    yang    berkarakter:    jujur, bertanggungjawab, disiplin, peduli dan toleransi; dan
 - menumbuhkembangkan  pola  pikir  teknologis  dan  estetis:  cekatan,  ekonomis  dan praktis.
 
Silabus mata pelajaran Prakarya SMP/MTs disusun dengan penulisan   format yang sederhana dan efisien. sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.
Silabus  ini  merupakan  acuan  bagi  guru  dalam  melakukan  pembelajaran,  agar  siswa mampu membuat produk prakarya yang presisi serta menumbuhkembangkan kreatifitas dengan menganalisis berbagai desain karya, mengidentifikasi dan mendeskripsikan proses pembuatan  karya,  membuat  dan  memodifikasi  karya  dalam  konteks  kearifan  lokal. Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual,   dan memberikan kesempatan kepada guru untuk   mengembangkan   dan   melaksanakan   pembelajaran,   serta   mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan siswa. 
Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Prakarya dan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah
Setelah mengikuti pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di pendidikan dasar dan menengah   diharapkan   siswa   memiliki   kemampuan,   mulai   dari   yang   bersifat imitasi/meniru (guided response), yaitu meniru gerakan secara terbimbing, manipulatif (membiasakan atau mekanism), dan presisi/mahir (complex or overt response) yaitu melakukan gerakan kompleks dan termodifikasi. Ditinjau dari produk, aspek yang dipelajari meliputi kerajinan, rekayasa, budidaya dan pengolahan yang berorientasi pada produk  prakarya  yang  dibutuhkan  sehari-hari  dengan  tahapan  belajar  mulai  dari mencontoh produk yang telah ada (multi contoh), memodifikasi dan mengembangan produk (multi desain), serta produk yang memiliki nilai jual pada skala dami dengan menekankan pada penumbuhan kreatifitas dan mencintai budaya lokal. Dengan demikian, siswa memiliki jiwa mandiri dan dapat bermanfaat bagi kehidupan diri sendiri dan masyarakat.
Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Prakarya di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
Siswa mampu:
meniru/imitasi (guided response) yaitu meniru gerakan secara terbimbing, dan manipulatif (membiasakan atau mekanisme) produk prakarya yang dibutuhkan sehari-hari dengan tahapan belajar mulai dari mencontoh produk yang  telah  ada  (multi  contoh)  dan memodifikasi dan mengembangan produk (multi desain) dengan menekankan pada penumbuhan kreatifitas dan mencintai budaya lokal.
Kerangka   Pengembangan   Kurikulum   Prakarya   Sekolah   Menengah   Pertama/ Madrasah Tsanawiyah
Pengembangan Kurikulum Prakarya di SMP memperhatikan unit pengorganisasian kompetensi yaitu:
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang    proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pengembangan Kompetensi Dasar (KD) tidak dibatasi oleh rumusan Kompetensi Inti (KI), tetapi disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran, kompetensi, lingkup materi, dan psiko-pedagogi. Pengembangan    kompetensi Prakarya diorganisasi dalam berbagai konten/materi dan pendekatan, disesuaikan dengan jenjang perkembangan kemampuan kognitif siswa.
Pengorganisasian materi tersebut, yaitu:
1. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya SD/MI 
Seni Budaya dan Prakarya diarahkan untuk memunculkan bakat dan minat siswa melalui pengembangan motorik halus dengan prinsip trial and error dan belajar sambil bermain sehingga mampu menghasilkan karya-karya yang kreatif. Kreativitas siswa ditekankan untuk   mengembangkan   ide-ide   melalui   penemuan   sistem   dan   teknologi   dasar. Pembuatan produk dilakukan dengan menggunakan pendekatan naturalistik, yaitu memperhatikan kemampuan dasar siswa, seperti tradisi keluarga, lingkungan dan masyarakat yang ada secara turun temurun dan dibelajarkan dengan pendekatan tematik. Prakarya  pada  jenjang  SD  pengembangannya  pada  aspek  kerajinan  yang  diarahkan untuk pengembangan soft skill dan psikomotorik pada tingkat imitasi (meniru). Siswa diberi berbagai contoh produk prakarya agar terinspirasi dalam pembuatan produk prakarya.  Pembelajaran  prakarya  mempersiapkan  siswa  untuk  melatih  keterampilan dasar melalui pendekatan pembelajaran tematik.
2. Mata Pelajaran Prakarya SMP/MTs
Mata pelajaran Prakarya terdiri atas empat aspek yaitu kerajinan, rekayasa, budidaya dan pengolahan yang diarahkan pada pengembangan keterampilan dilakukan pada tingkat manipulasi (modifikasi) yang diarahkan untuk menghasilkan produk yang bersifat multi desain baik dari jenis bahan dasar maupun bentuk produknya. Pembuatan produk mengacu  pada  penerapan  teknologi  dasar,  kerangka  analisa  sistem  meliputi:  input, proses,  output  melalui  prinsip  Pikir,  Gambar,  Buat,  Uji  (PGBU)  untuk  pemenuhan produk family/home skill dan life skill dengan berbasis pada potensi kearifan lokal. Pembentukan nilai-nilai kewirausahaan dengan mengembangkan sikap, pengetahuan, keterampilan. Pembentukan nilai dilakukan melalui penyelarasan antara kemampuan dan minat dengan motif berwirausaha yang bertujuan melatih koordinasi otak dengan keterampilan teknis.
3. Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan SMA/MA/SMK/MAK
Mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan terdiri atas empat aspek yaitu kerajinan, rekayasa, budidaya dan pengolahan yang diarahkan pada pengembangan produk dalam bentuk dami dengan menggunakan teknologi tepat guna skala home industry dengan wawasan kewirausahaan agar dapat mandiri secara ekonomi. Untuk itu, keterampilan/psikomotorik dikembangkan pada tingkat presisi (sesuai standar). Pengembangan kompetensi siswa diarahkan untuk mempelajari produk teknologi berdasarkan  kerangka analisa  sistem  meliputi:  input, proses, output, melalui  prinsip Pikir, Gambar, Buat, Uji (PGBU).
Aspek mata pelajaran Prakarya SMP/MTs terdiri atas:
1. Kerajinan
Kerajinan dapat dikaitkan dengan kerja tangan yang hasilnya merupakan benda untuk memenuhi tuntutan kepuasan pandangan: estetika-ergonomis, dengan simbol budaya, kebutuhan tata upacara dan kepercayaan (theory of magic and relligy), dan benda fungsional yang dikaitkan dengan nilai pendidikan pada prosedur pembuatannya. Lingkup ini dapat digali dari potensi lokal dan seni terapan (applied art), desain kekinian (modernisme dan postmodernisme).
2. Rekayasa
Rekayasa terkait dengan beberapa kemampuan: merancang, merekonstruksi dan membuat benda produk yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dengan pendekatan  pemecahan  masalah.  Sebagai  contoh:  rekayasa  penyambungan  balok kayu untuk membuat susunan (konstruksi) kerangka atap rumah, harus dilakukan dengan prinsip ketepatan agar susunan rumah tidak mudah runtuh. Lingkup ini memerlukan  kesatuan  pikir  dan  kecekatan  tangan  membuat  susunan  mengarah kepada: berpikir kreatif, praktis, efektif, ketepatan dan hemat serta berpikir prediktif.
3. Budidaya
Budidaya tumbuhan dan hewan mencakup pembibitan, penanaman, pemanenan, penyimpanan,   dan   penanganan   atau   pengemasan   dan   distribusi   untuk   proses selanjutnya. Substansi yang dipelajari pada aspek ini adalah tanaman, ternak dan ikan. Manfaat edukatif teknologi budidaya adalah pembinaan perasaan, pembinaan kemampuan memahami pertumbuhan dan menyatukan dengan alam (ecosystem) agar menjadi siswa yang berpikir sistematis berdasarkan potensi kearifan lokal.
4. Pengolahan
Pengolah proses transformasi (perubahan bentuk) dari bahan mentah menjadi produk olahan. Transformasi melibatkan proses-proses fisik, kimia, maupun mikrobiologis. Proses pengolahan mencakup pula penanganan dan pengawetan bahan melalui berbagai teknik dasar proses pengolahan dan pengawetan. Manfaat edukatif teknologi pengolahan bahan pangan bagi pengembangan kepribadian siswa adalah menambah keanekaragaman makanan, member nilai ekonomis dan timbul kesadaran pentingnya melakukan penanganan, pengolahan dan pengawetan bahan pangan agar tidak cepat rusak.
Untuk Mata Pelajaran Prakarya, satuan pendidikan wajib menyelenggarakan minimal 2 (dua) aspek dari 4 (empat) aspek yang disediakan. Pengorganisasian pelaksanaan pilihan dua aspek Prakarya tersebut tergantung pada aspek yang dipilih/disediakan oleh satuan pendidikan. Ada beberapa alternatif pengorganisasian pelaksanaan antara lain dengan cara setiap semester mengikuti satu aspek yang berbeda, atau mengikuti dua aspek berbeda secara bersamaan dalam satu tahun dengan cara pengaturan yang baik (misalnya aspek kerajinan dan aspek budidaya, saat menunggu tumbuhnya tanaman maka guru dapat melaksanakan pembelajaran aspek kerajinan, sehingga alokasi waktu mata pelajaran prakarya dapat termanfaatkan secara baik).
Pembelajaran
Pembelajaran Prakarya menggunakan pendekatan saintifik. Selain itu juga dapat menggunakan model-model pembelajaran, antara lain: Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning), Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning), Pembelajaran penemuan dan penyelidikan (Discovery-Inquiry Learning), Pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning), dan lain-lain.
Penilaian 
Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh informasi atau data mengenai   proses   dan   hasil   belajar   siswa.   Strategi   penilaian   disiapkan   untuk memfasilitasi guru dalam mengembangkan pendekatan, teknik, dan instrumen penilaian hasil belajar dengan pendekatan penilaian otentik yang memungkinkan para pendidik menerapkan  program  remedial  bagi  siswa  yang  tergolong  pembelajar  lambat  dan program pengayaan bagi siswa yang termasuk kategori pembelajar cepat.
Penilaian dilakukan dengan cara menganalisis dan menafsirkan data hasil pengukuran capaian kompetensi siswa yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Kurikulum 2013 menekankan pembelajaran berbasis aktivitas yang menghendaki agar penilaian hasil belajar siswa mencakup penilaian kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan yang pelaksanaannya terintegrasi dengan proses pembelajaran.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses penilaian, yaitu (1) mengukur tingkat berpikir siswa mulai dari rendah sampai tinggi, (2) menekankan pada pertanyaan yang membutuhkan pemikiran mendalam (bukan sekedar hafalan), (3) mengukur proses kerjasama, bukan hanya hasil kerja, (4) menggunakan portofolio pembelajaran siswa.
Dengan demikian kompetensi siswa yang dinilai pada tiap ranah kompetensi disesuaikan dengan aktivitas yang ditempuh siswa dalam proses pembelajaran. Adapun penilaian sikap digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut sesuai dengan kondisi dan karakteristik siswa.
Penilaian mata pelajaran Prakarya dilakukan dengan memperhatikan:
a. proses  menemukan  kebutuhan  melalui  mengidentifikasi  masalah  sehingga    siswa dapat bersifat kritis serta mengembangkan rasa ingin tahu dan ide-ide baru
b. memproduksi ide dan menetapkan ide berdasarkan syarat penyempurnaan
c. menggambar objek/produk
d. membuat perencanaan benda kerja
e. menguji/evaluasi produk
Kontekstualisasi Pembelajaran Sesuai dengan Kondisi Lingkungan dan Siswa
Kegiatan Pembelajaran pada silabus ini hanya merupakan model. Guru dapat memperkaya dan   menyesuaikan   dengan   sumber   daya   yang   ada,   karakteristik   dan   kekhasan daerah/sekolah sesuai dengan potensi siswa serta kebutuhan daerah. Kebutuhan daerah adalah segala sesuatu yang diperlukan oleh masyarakat di suatu daerah, khususnya untuk kelangsungan hidup dan peningkatan taraf kehidupan masyarakat yang disesuaikan dengan arah perkembangan daerah serta potensi daerah.
Penyesuaian ini harus tetap memperhatikan pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan   keterampilan   siswa.   Guru   sebaiknya   memanfaatkan   teknologi   informasi   dan komunikasi (TIK), Buku Teks (Buku Siswa dan Buku Guru), dan lembar kerja siswa (LKS) sebagai sumber belajar. Lembar kerja siswa sedapat mungkin disusun oleh guru dengan memberi peluang untuk berkembangnya kreativitas siswa yang terlibat dalam merancang prosedur kegiatan.  Lembar kerja siswa merupakan panduan bagi siswa untuk melakukan sesuatu yang menghasilkan kemampuan berpikir. Selain itu guru diharapkan dapat mengaitkan dengan lingkungan, sumber daya alam, dan energi di sekitarnya dan konteks global, agar siswa dapat memelihara dan memanfaatkan lingkungannya sebagai sumber belajar.
Download Silabus RPP Prakarya SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Silabus RPP Prakarya SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:      
Silabus RPP Prakarya SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX
0 Response to "Silabus RPP Prakarya SMP MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, VIII, IX"
Posting Komentar